Preaload Image

Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang sebagai bagian dari pendidikan tinggi di Indonesia melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat.

Berkaitan dengan pendidikan dan pengajaran, Jurusan Ekonomi Pembangunan mengelola dua program studi tingkat sarjana, yakni Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi dan Program Studi S1 Ekonomi Pembangunan.

Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi memiliki keterkaitan sejarah yang erat dengan berdirinya Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Malang pada tahun 1954. Program studi ini merupakan salah satu program studi S1 pendidikan ekonomi tertua dan terbaik di Indonesia. Program studi ini bertujuan mencetak sarjana pendidikan yang berkepribadian luhur, profesional, dan berkualitas. Sepanjang masa perkuliahan selama 4 tahun (8 semester), mahasiswa dididik untuk menjadi sarjana pendidikan yang memiliki kualifikasi dalam ilmu ekonomi dan pendidikan ekonomi, tak hanya teori melainkan juga praktik dalam dunia pendidikan.

Program Studi S1 Ekonomi Pembangunan mencetak sarjana ekonomi yang berkualitas, berkarakter, dan mempunyai keunggulan dalam ilmu ekonomi. Selama durasi perkuliahan 4 tahun (8 semester), mahasiswa dapat mengambil spesialisasi dalam hal Ekonomi Keuangan dan Perbankan, Ekonomi Kerakyatan, Perencanaan Pembangunan Ekonomi Daerah, atau Ekonomi Islam.

Peningkatan kompetensi akademik mahasiswa dilaksanakan melalui perkuliahan tatap muka, praktik, pengalaman lapangan, serta pembuatan tugas akhir. Mahasiswa juga dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan akademik yang diselenggarakan jurusan seperti kuliah tamu, seminar, serta diskusi kelompok terarah (focus group discussion). Untuk menunjang kompetensi akademik, Jurusan Ekonomi Pembangunan memiliki tenaga pengajar yang berkompeten dan secara aktif terus menerus meningkatkan ilmu dan kompetensi melalui pendidikan, sertifikasi, dan pelatihan. Para pengajar juga aktif berkontribusi di berbagai asosiasi profesi serta terlibat dalam berbagai kegiatan ilmiah seperti seminar dan konferensi. Tidak hanya itu, para pengajar juga terlibat aktif di berbagai posisi di berbagai lembaga negara, entitas bisnis, serta organisasi/kegiatan sosial dan kemasyarakatan.

Peningkatan kualitas mahasiswa dari sisi non-akademik juga mendapat dukungan dari Jurusan Ekonomi Pembangunan. Bentuk dukungan di antaranya bimbingan bagi organisasi-organisasi kemahasiswaan yang ada di bawah naungan jurusan serta dukungan bagi mahasiswa untuk terlibat dalam kegiatan atau kompetisi di bidang penalaran, seni, dan budaya baik di level nasional maupun internasional.

Berkaitan dengan penelitian dan pengembangan, Jurusan Ekonomi Pembangunan berkontribusi bagi ilmu pengetahuan melalui berbagai penelitian serta produk-produk akademik yang dihasilkan, seperti artikel ilmiah, buku, aplikasi, serta hak atas kekayaan intelektual. Para pengajar tergabung dalam Kelompok Bidang Keahlian (KBK) sehingga riset akan menjadi terarah serta komprehensif. Tidak hanya itu, Jurusan Ekonomi Pembangunan mendukung pengembangan keilmuan melalui pengelolaan berbagai berkala ilmiah serta penyelenggaraan seminar dan konferensi baik berskala nasional maupun internasional.

Berkaitan dengan pengabdian kepada masyarakat, Jurusan Ekonomi Pembangunan secara aktif hadir bagi masyarakat sekitar kampus Universitas Negeri Malang, masyarakat Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu), masyarakat Jawa Timur, serta Indonesia secara keseluruhan. Program-program pengabdian kepada masyarakat senantiasa diarahkan sebagai bentuk aplikasi keilmuan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Jurusan Ekonomi Pembangunan juga melaksanakan berbagai penugasan yang diberikan pemerintah. Berbagai  program pemerintah yang sedang/telah dilaksanakan antara lain Pendidikan Profesi Guru (PPG), Program Profesi Guru pasca program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (PPG pasca-SM3T),  Afirmasi Pendidikan Tinggi (Adik), Kuliah Kerja Nyata (KKN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), 4in1 Project Islamic Development Bank (IsDB), dan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM)

Beberapa tautan berikut menyajikan informasi tentang Jurusan Ekonomi Pembangunan, seperti informasi mengenai Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Program Studi S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan, akreditasi program studi, serta aktivitas kemahasiswaan. Lihat juga berbagai hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, berkala ilmiah yang dikelola jurusan, serta berbagai kegiatan seminar dan konferensi yang telah diselenggarakan. Lihat juga galeri untuk dokumentasi beberapa kegiatan di lingkup Jurusan Ekonomi Pembangunan. Atau hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Kontak:

Jurusan Ekonomi Pembangunan
Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Malang
Gedung D7 (d.h. E3) Lantai 2
Jl. Semarang 5, Malang, Jawa Timur, Indonesia

Telp: 0341-585911
Email: ekp.fe@um.ac.id

Open chat