Pelaksanaan PPG Pasca SM-3T Pendidikan Ekonomi Angkatan IV

Sebagai salah satu bentuk komitmen Universitas Negeri Malang (UM) menjadi The Learning University terdepan dalam dunia pendidikan, UM menjadi salah satu LPTK penyelenggara Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pasca SM-3T.

Pendidikan Ekonomi menjadi salah satu prodi PPG yang diselenggarakan oleh UM. Terhitung hingga saat ini sudah 4 angkatan yang berjalan dan setiap tahunnya mulai dari angkatan I-III, PPG Pendidikan Ekonomi selalu meluluskan 100%  mahasiswa dalam Ujian Tulis Nasional (UTN) yang digunakan sebagai standar kelulusan wajib mahasiswa PPG Pasca SM-3T.

Saat ini, PPG Pendidikan Ekonomi angkatan IV sedang melaksanakan workshop yang diselenggarakan di Gedung Fakultas Ekonomi UM. Mahasiswa PPG ini pada tahap sebelumnya telah diterjunkan untuk mengabdi di daerah 3T (Terdepan, Tertinggal, dan Terluar) yang meliputi seluruh wilayah NKRI kecuali Pulau Jawa. PPG per angkatan dilaksanakan selama 2 semester penuh.

Pada pelaksanaan PPG akan diisi dengan kegiatan workshop selama kurang lebih 75 pertemuan atau satu semester. Kegiatan workshop berisi pemberian materi sesuai program studi dan materi pedagogik untuk memantapkan bekal mereka sebelum mengajar kelak.

Pada semester kedua mahasiswa PPG akan langsung melaksanakan PPL di sekolah negeri yang ditunjuk oleh LPTK. PPG Pendidikan Ekonomi sebagai contoh memilih SMAN 1 Malang, SMAN 3 Malang, SMAN 4 Malang, SMAN 5 Malang, dan SMAN 8 Malang sebagai tempat melaksanakan PPL selama satu semester penuh. Mereka akan mendapatkan tugas sebagai guru mapel dan belajar manajemen sekolah.

Setelah PPL berakhir mahasiswa PPG akan menghadapi UTN yang akan menentukan apakah mereka dapat lulus dan menerima sertifikat pendidik atau tidak.

RHM

Galeri.