Workshop Ekonomi Syariah “Penyusunan Usulan Pendirian Program Studi Ekonomi Syariah”

DSCN4326

Selasa (23/02/2016), Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang menyelenggarakan workshop ekonomi syariah bertema “Penyusunan Usulan Pendirian Program Studi Ekonomi Syariah”. Narasumber pilihan dari bidang ekonomi syariah menghadirkan Dr. Aji Dedi Mulawarman, S.T., M.SA dan Dr. Imam Mukhlis, S.E., M.Si, dihadiri oleh tim dosen Fakultas Ekonomi.

Workshop ini merupakan sebuah langkah awal dimana diharapkan dalam minimal 5 tahun ke depan dapat terselenggara program studi ekonomi syariah, tentunya bukan langkah mudah dan masih banyak yang perlu dilalui dalam mempersiapkan program studi ekonomi syariah.

Dr. Aji Dedi Mulawarman, S.T., M.SA menyampaikan bahwa saat ini masyarakat masih banyak yang keliru dalam memaknai “syariah”, sebagai contoh adalah dengan munculnya gerakan separatis dan teroris yang menganggap bahwa yang mereka lakukan adalah bagian dari menjalankan syariat. Oleh karena itu masyarakat harus mendapat pengetahuan yang tepat di segala aspek syariah salah satunya bidang ekonomi.

“Banyak sekali cara dalam memberlakukan ekonomi islam dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi yang paling penting adalah membelajarkan moral ekonomi dalam individu masing-masing” tambah beliau.

Narasumber kedua adalah Dr. Imam Mukhlis, S.E., M.Si, Sekretaris Satuan Penjaminan Mutu (SPM) Universitas Negeri Malang, menekankan bahwa ada prosedur yang harus ditaati jika ingin fokus mendirikan program studi ekonomi syariah. Prosedur yang dimaksud mulai dari kurikulum hingga ketersediaan dosen tetap.

Pengembangan kurikulum dalam hal ini adalah penyusunan silabi, disini bisa dimasuki unsur-unsur ekonomi seperti makro dan moneter. Yakni bagaimana cara berekonomi secara syariah. Akan tetapi, perlu didukung dari beberapa pengajar sehingga dapat menunjang perkembangan mata kuliah ekonomi syariah. Dari penjelasan Bapak Aji tadi bahwa dalam praktek kehidupan sehari-hari kita telah melaksanakan ekonomi islam, nah dari sini maka bisa kembangkan ke dalam pembelajaran yang berbasis ekonomi islam.

Acara ditutup dengan penyerahan cinderamata oleh Sekretaris Jurusan Ekonomi Pembangunan dilanjutkan foto bersama panitia.

(RHM)

 

Galeri.