PELATIHAN “MEMAHAMI LAPORAN KEUANGAN KOPERASI” bersama Koperasi Wanita BUEKA ASSAKINAH

SCAN017

Salah satu wujud aplikasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi Universitas Negeri Malang adalah Pengabdian kepada masyarakat. Kali ini tim dosen Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang berkolaborasi dengan Koperasi Wanita BUEKA ASSAKINAH (Bina Usaha Ekonomi Keluarga Aisiyah) untuk memberikan pelatihan tentang memahami laporan keuangan koperasi.

Menurut Dr. Hj. Lisa Rokhmani, M.Si, Ketua Tim Pengabdian Masyarakat FE Universitas negeri malang, Koperasi  Wanita Bueka Assakinah dipilih sebagai tempat pengabdian, agar para anggota dan pengurus koperasi dapat melaksanakan kewajibannya sesuai dengan kedudukannya. Sebagai pengurus mempunyai tanggung jawab membuat laporan tiap tahun kepada anggotanya, dan sebagai anggota harus tanggap dengan apa yang dilaporkan oleh pengurus sehingga nantinya tidak ada lagi kesalahan-kesalahan baik oleh pengurus maupun anggota. Beliau juga berharap dengan adanya pencerahan seperti ini baik pengurus maupun anggota koperasi wanita Bueka Assakinah dapat meningkatkan pengetahuannya dan bermanfaat bagi koperasi serta diri sendiri para anggota.

Sementara Menis Siti Rodioah, S.E., M.Si dari Diskoperindag Kota Mojokerto dalam sambutannya pada pembukaan pelatihan menjelaskan bahwa berdasarkan UU No 17 tahun 2012 Pengurus Koperasi bisa mengangkat orang yang bukan anggota/orang yang professional di bidang koperasi sehingga tidak sesuai dengan jati diri koperasi, sedangkan UU No 25 tahun 1992 yang dipakai sekarang bahwa pengurus koperasi dipilih oleh anggota koperasi itu sendiri. Dan untuk dipilih menjadi pengurus koperasi ditentukan dalam anggaran dasar koperasi dengan ketentuan paling sedikit menjadi anggota koperasi lebih dari 1 (satu) tahun, berelakuan baik (dibuktikan dari yang berwenang), mempunyai kemampuan dan keterampilan mengurus koperasi, tidak mempunyai hubungan keluarga dari pengurus, baik ppengawas maupun pengelola.

Dijelaskan pula bahwa pendidikan sangat mahal, kalau kita menunggu dari Diskoperindag mungkin terlalu lama sebab kegiatan pelatihan seperti ini hanya dilaksanakan 3(tiga) kali dalam satu tahun. Itupun pesertanya bergantian, dengan adanya program dari fakultas Ekonomi Universitas Negeri malang dalam melaksanakan pengabdiannya kepada masyarakat, tentunya sangat membantu pemerintah dalam meningkatkan kualitas masyarakat khususnya anggota koperasi. Menis berharap bagi anggota koperasi, jika menerima laporan dari pengurus hendaknya dipelajari, agar para anggota mengetahui apa perubahan-perubahan yang ada pada koperasi, khususnya tentang laporan neraca, laporan rui/laba, perubahan ehektifitas dan laporan atas perubahan modal.

Tatik Lutfiati Wakil Ketua Koperasi Wanita Bueka Assakinah dalam laporannya menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakan pelatihan bagi pengurus dan anggota koperasi agar dapat memahami dan mengerti tentang laporan keuangan koperasi, yang disampaikan oleh pengurus, agar anggota bisa mambaca laporan dan mengetahui apa yang menjadi perubahan-perubahan dalam koperasi. Kegiatan dilaksanakan selama 2 (dua) hari (15-16 November 2015) di gedung Da’wah Kota Mojokerto Cabang Prajuritkulon (Kedungkwali IX). Dengan narasumber: Dr. Hj. Lisa Rokhmani, M.Si; Dr. Dwi Wulandari, S.E., M.M;Drs. Prih Hardinto, M.Si; Dr. farida Rahmawati, S.E., M.E dan Sri Handayani, S.Pd, M.Pd.

(Sumber: Tabloid PALAPA Kota Mojokerto Edisi Nomor 46/2015)

Galeri.