Kuliah Tamu BI (Pengawasan Makroprudensial : Mencegah dan Memitigasi Terjadinya Resiko Sistemik)

IMG-20151102-WA0011

Jumat (10/04/2015), Bank Indonesia mengadakan kuliah tamu di Jurusan Ekonomi Pembangunan FE Universitas Negeri Malang. Mengambil tema “Pengawasan Makroprudensial : Mencegah & Memitigasi Terjadinya Resiko Sistemik”, Kuliah tamu yang diselenggarakan di Aula Gedung E3 ini dihadiri sekitar 200 mahasiswa.

Menurut PBI No.16/11/PBI/2014 tentang Pengaturan dan Pengawasan Makroprudensial, resiko sistemik adalah potensi instabilitas sebagai akibat terjadinya gangguan yang menular (contagion) pada sebagian atau seluruh sistem keuangan karena interaksi dari faktor ukuran (size), kompleksitas usaha (complexity), keterkaitan antar institusi dan/atau pasar keuangan (interconnectedness), serta kecenderungan perilaku yang berlebihan dari pelaku atau institusi keuangan untuk mengikuti siklus perekonomian (procyclicality).

Dr. Iman Gunadi, Deputi Direktur Departemen Kebijakan Makroprudensial Bank Indonesia, selaku narasumber menyampaikan, menilik dari kasus perbankan yang berdampak sistemik maka diperlukan pengawasan di sektor makroprudensial. Bank Indonesia sesuai dengan UU No 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki mandat Pengaturan & mandat Pengawasan untuk melakukan tindakan yang diperlukan demi mencegah terjadinya resiko sistemik.

(RHM)

Galeri.