Seminar Nasional Ekonomi Kerakyatan 2015

 

DSC_5793

 

Rabu (02/09/2015), Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang menyelenggarakan Seminar Nasional Ekonomi Kerakyatan. Pada kesempatan kali ini menghadirkan narasumber Dumairy, M.A yang sudah dikenal luas melalui karyanya dalam publikasi buku diantaranya Matematika Terapan untuk Ekonomi dan Bisnis. Narasumber berikutnya adalah dosen Ekonomi Pembangunan yang sudah memiliki kontribusi besar bagi Fakultas Ekonomi yaitu Dr. Sri Umi Mintarti W., S.E., M.P., Ak.

Seminar nasional ini dihadiri oleh 300 peserta terdiri dari dosen dan mahasiswa bertempat di Aula Gedung D4 lantai 4. Antusiasme ini disambut baik oleh Dumairy, M.A. dengan meladeni permintaan foto bersama di akhir seminar. Ketua Pelaksana Dr. Farida Rahmawati, S.E., M.E menyampaikan bahwa pentingnya menumbuhkan konsep pembangunan ekonomi berbasis kerakyatan di tengah gejolak ekonomi global saat ini supaya tidak lagi terulang krisis ekonomi seperti yang terjadi pada 1998 silam.

Sepanjang jalannya seminar Dumairy, M.A menyampaikan bahwa saat ini penerapan ekonomi kerakyatan belum maksimal, ada 5 indikator tercapainya ekonomi kerakyatan yaitu tujuannya adalah kesejahteraan rakyat, pengambilan keputusan untuk rakyat, pertimbangan kepentingan rakyat, pelaksana rakyat, dan pengawasan rakyat. Sedangkan peran pemerintah adalah sebagai penggagas dan perintis, yang menjalankan adalah rakyat. pokok dari ekonomi kerakyatan adalah sebagai mitra pada kalangan pemerintah, pelaku usaha, dan rakyat.

Pertanyaan lain yang disampaikan adalah mampukah penerapan ekonomi kerakyatan menjawab permasalahan perekonomian saat ini seperti menurunnya nilai rupiah, Dr. Sri Umi Mintarti W., S.E., M.P., Ak menjawab bahwa suatu sistem ekonomi tidak akan serta merta merubah kondisi perekonomian namun butuh waktu yang lama.

Seperti dijanjikan, seusai seminar narasumber Dumairy, M.A melayani foto bersama peserta dan panitia seminar.

DSC_5960

(RHM)

 

GALERI.