Monev Eksternal PPG Pasca SM-3T

Pada hari Kamis dan Jumat, 1-2 November 2018 diadakan monitoring dan evaluasi (monev) eksternal Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pasca SM-3T. Tim monev berasal dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti dan Dr. M. Khafid, S.Pd., M.Si (Universitas Negeri Semarang), didampingi Ro’ufah Inayati, S.Pd., M.Pd. sebagai PIC PPG Pasca SM-3T Prodi Pendidikan Ekonomi dan Prof. Dr. Sri Umi Mintarti W., S.E., M.P., Ak. dan Dr. H. Agung Haryono, S.E., M.P., Ak sebagai dosen pembimbing PPL.

Pelaksanaan monev eksternal kali ini bertujuan untuk mengamati proses pembelajaran di sekolah tempat mahasiswa melaksanakan PPL. Terdapat dua sekolah yang terlibat, yakni MAN 2 Malang dan SMAN 10 Malang. Pengamatan dilakukan atas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan kegiatan refleksi setelah pembelajaran.

Monev sendiri terbagi dua, Pertama, monev internal yang dilaksanakan oleh Satuan Penjaminan Mutu UM. Monev ini bertujuan untuk kontrol kualitas pelaksanaan PPG di masing-masing prodi. Kedua, monev ekstenal yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti dan LPTK lain. Monev ini bertujuan untuk quality control atas pelaksanaan PPG di suatu LPTK. Monev eksternal sendiri dibagi dalam dua tahap, yakni monev pelaksanaan lokakarya di kampus dan monev PPL di sekolah tempat PPL. Tidak semua prodi pelaksana PPG Pasca SM-3T di UM ditunjuk untuk monev eksternal. Prodi yang terpilih untuk hal ini adalah Prodi Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Biologi, Pendidikan Kewarganegaraan, dan Pendidikan Seni Rupa. Keempat prodi tersebut menjadi sampel sebagai cerminan penyelenggaraan PPG di LPTK yang bersangkutan. Ini adalah tahun keenam Prodi Pendidikan Ekonomi FE UM melaksanakan PPG Pasca SM-3T. (TS)

 

Dokumentasi Kegiatan