Rapat Kerja Penyusunan Borang Akreditasi S1 Ekonomi Pembangunan

Pada tanggal 13 Februari 2018, Jurusan Ekonomi Pembangunan mengadakan acara Rapat Kerja Penyusunan Borang Akreditasi S1 Ekonomi Pembangunan. Acara ini secara keseluruhan membahas rencana-rencana jangka pendek dan persiapan penyusunan borang akreditasi S1 Ekonomi Pembangunan.

Acara ini diawali dengan pembukaan acara secara resmi oleh Dekan FE UM. Inti sambutan yang diberikan yaitu himbauan tentang penyusunan borang S1 Ekonomi Pembangunan (EKP) disusun berdasarkan standar yang berlaku agar nantinya nilai yang diperoleh maksimal. Selain itu juga harus memperhatikan redaksi dan data yang disajikan agar tidak ada unsur plagiasi mengingat Jurusan Ekonomi Pembangunan di tahun yang sama mengajukan 2 akreditasi Prodi yaitu Prodi S1 Pendidikan Ekonomi dan S1 Ekonomi Pembangunan. Selain Dekan FE, acara ini juga dihadiri oleh perwakilan Satuan Penjaminan Mutu (SPM) UM yakni Dr. Imam mukhlis, S.E., M.Si yang juga sebagai pemateri dalam acara ini.

Setelah acara resmi dibuka oleh Dekan FE UM, kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan data dan fakta dari Kaprodi S1 EKP yaitu Dr. Hadi Sumarsono, S.T., M.Si. dalam pengarahan ini beliau menjelaskan tentang Data dan Fakta terkait Borang S1 EKP yaitu:
 Berdasarkan direktori akreditasi di website BAN-PT, akreditasi Program
Studi (PS) S1 Ekonomi Pembangunan akan habis masa berlakunya pada
tanggal 09 januari 2019

 Hingga saat ini PS S1 Ekonomi Pembangunan ter-akreditasi B. Dengan
nomor SK. 003/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2014

 Dengan masa berlaku yang kurang dari 1 tahun lagi, maka perlu ada
penyusunan borang akreditasi untuk PS S1 Ekonomi Pembangunan

Dr. Imam mukhlis, S.E., M.Si, selaku pemateri, menyampaikan, “Isian borang akreditasi harus sepenuhnya mengacu pada matriks Penilaian Instrumen Akreditasi Program Studi Sarjana yang diambil langsung dari BUKU VI yang diterbitkan oleh Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi, sehingga assesor langsung menilai pada inti jawabannya”. Selain itu, kalimat yang menjadi inti penilaian dalam penghitungan skor tiap-tiap point, sangat perlu juga dinyatakan secara eksplisit di dalam isian borang.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Forum Grup Discussion (FGD) oleh para peserta rapat kerja dan menghasilkan rencana-rencana dan deadline penyusunan borang S1 Ekonomi Pembangunan.