Akreditasi Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan (JESP) di Sinta

Sinta (Science and Technology Index) merupakan portal yang dikembangkan oleh Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) untuk mengukur kinerja pengembangan ilmu pengetahuan dari aspek kinerja penulis/peneliti/author, kinerja jurnal, dan kinerja institusi. Sinta dapat mengindeks hasil karya atau sebuah jurnal yang telah terindeks di Google Scholar, Scopus, dan naSTI dan Indonesian Publication Index (IPI) sehingga menghasilkan sebuah skor tunggal Sinta. Skor ini kemudian menjadi pedoman ranking atau penggolongan kinerja seorang penulis atau sebuah jurnal di Indonesia. Sinta dapat diakses melalui tautan http://sinta2.ristekdikti.go.id/

 

 

Kualitas jurnal ilmiah yang dipublikasikan di bawah institusi di Indonesia dapat dilihat pada peringkat di Sinta. Sinta membagi kualitas jurnal ke dalam enam kategori, mulai yang terbaik yakni Sinta 1 (S1) sampai terendah di Sinta 6 (S6). Deskripsi S1 sampai S6 dapat dilihat pada tabel berikut:

 

Kategori Jurnal Keterangan Jumlah*
Sinta 1 Terakreditasi A nilai >85, atau terindeks Scopus 40
Sinta 2 Terakreditasi B nilai 70-85 430
Sinta 3 Hasil Evaluasi diri 60-70 397
Sinta 4 Hasil Evaluasi diri 50-60 461
Sinta 5 Hasil Evaluasi diri 40-50 287
Sinta 6 Hasil Evaluasi diri 30-40 67

Sumber: http://sinta2.ristekdikti.go.id/home/faq#ans2

Keterangan: * = Data per 25 Februari 2018

 

Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan (JESP) yang dikelola Jurusan Ekonomi Pembangunan terdaftar di Sinta dan berada di kategori S3.

 

 

Informasi JESP di Sinta dapat dilihat pada tautan berikut: http://sinta2.ristekdikti.go.id/journals/detail?id=1293

(TS)