Workhsop Revisi Kurikulum

Sebagai bentuk penyeseuaian terhadap kurikulum berbasis penelitian dan pegembangan, Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang mengadakan Workshop Revisi Kurikulum, yang dilaksanakan pada hari Jumat – Sabtu, 24 – 25 Maret 2017. Kegiatan yang dilaksanakan di Kusuma Agrowisata Resort & Convention Hotel ini, merumuskan penerapan kurikulum baru, berbasis penelitian dan pengembangan (R&D-based curriculum) yang mengacu untuk pengembangan UM sebagai Learning Inovation yang harus diterapkan dalam proses pembelajaran.

Dalam workhsop revisi kurikulum, materi disampaikan oleh Prof. Dr. Waras Khamdi M.Pd (pemateri I) dan Dr. Mit Witjaksono, M.S., Ed (pemateri II). Dalam event tersebut, Prof. Dr. Waras Khamdi M.Pd menjelaskan tentang Menyikapi Kebijakan Pengembangan KPT Berujukan KKNI Dan SNPT. Kemudian, Dr. Mit Witjaksono, M.S., Ed menjelaskan materi tentang pengembangan kurikulum sesuai dengan Profisiensi (Developing New Proficiencies), mengintegrasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian), mengarah pada Economic Social Process.

Kegiatan selanjutnya, setelah workhsop adalah Focus Gruop Discussion (FGD), yang menghasilkan beberapa keputusan yang dihasilkan antara lain:

  1. SKS yang ditempuh pada Prodi S1 Pendidikan Ekonomi dan S1 Ekonomi Pembangunan sebanyak 144 sks;
  2. Bahasa Inggris yang wajib ditempuh oleh mahasiswa selain Bahasa Inggris Ekonomi dan Bisnis (FEKO 609) juga menempuh Proficiency Bahasa Inggris/English Proficiency (Nama mata kuliah bahasa Inggris bagi mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan);
  3. Perubahan nama mata kuliah kosentrasi Ekonomi Syariah: (i) Ekonomi Syariah menjadi Ekonomi Mikro Syariah; (ii) Hukum dan Bisnis Syariah menjadi Ekonomi Makro Syariah; (iii) Ekonomi dan Keuangan Syariah menjadi Filsafat Ekonomi Islam;
  4. Mahasiswa yang menempuh Metodologi Penelitian harus ditunjang dengan Penetapan Pembimbing;
  5. Pendadaran pada ujian skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan sudah tidak lagi dilakukan, karena sudah dijadikan satu pada seminar proposal dan seminar hasil sebelum Sidang/Ujian Skripsi.
  6. Sejarah Ideologi Koperasi diganti dengan Sejarah Ekonomi Ke-Indonesiaan.
  7. Ciri khas kurikulum Jurusan Ekonomi Pembangunan sesuai KKNI yaitu bagi mahasiswa murni diwadahi dalam Mata Kuliah Pilihan bagi mahasiwa Prodi S1 Ekonomi Pembangunan dan bagi mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi diwadahi dalam Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB) yang nuansanya ditambahkan dengan pembelajaran inovasi.

Akan diselenggarakan sharing pengalaman yang difasilitasi oleh dosen senior pada dosen-dosen muda (junior). Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan diri dalam mengajar dan untuk update informasi-informasi yang relevan dengan konteks mata kuliah.